Tips “Ngrepek” yang halal : Ujian Nasional 2013

Kita, warga Indonesia memiliki banyak sekali budaya, diantaranya tari-tarian, kebiasaan-kebiasaan tahunan, upacara kematian dan kelahiran yang unik, dan ratusan budaya positif lain. Tapi disisi lain, kita juga memiliki budaya yang negatif, salah satunya ya budaya contek mencontek diantara para siswa ini. Sulit sekali menghilangkan kebiasaan yang satu ini di kalangan remaja. Dengan alasan, agar kita selalu bergotong-royong dalam hal apapun, padahal kegotong-royongan bertujuan untuk kegiatan yang positif, bukannya saling membantu dalam mengerjakan ulangan yang seharusnya diselesaikan dengan mandiri.

Berhubung UN sudah dekat nih, bagi teenagers kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA yang galau bagaimana caranya saya bisa “ngrepek” dengan halal? Apalagi dengar-dengar UN untuk tahun pelajaran ini ada 20 PAKET! Bayangkan! Mau nyontek siapa kalau nggak ada satu pun teman yang mempunyai soal yang sama? Ada beberapa siswa yang bilang ‘saya nggak bisa mengerjakan soal kalau nggak “ngrepek”’. Nah kali ini saya akan menjelaskan, tentang bagaimana “ngrepek” yang halal?

  1. Berdoalah sebelum mengerjakan. Ya pastilah😀
  2. Misalnya nih materinya Matematika, maka tipsnya hafalkan rumus-rumus penting yang menurut Anda sulit 15 menit sebelum mengerjakan soal UN.
  3. Lalu,  disaat Anda akan mengerjakan soal tersebut tulis dahulu semua materi yang telah dihafal di lembar soal sebelum lupa.
  4. Nah, kalian sekarang punya “krepekan” yang halal, yaitu dari hasil hafalan kalian yang selanjutnya kalian tulis di lembar soal tadi.

Bahauddin Alfan
Proses Memorizeku😀

Mudah kan? Insya Allah sedikit info ini dapat membantu Anda yang sedang bersusah payah belajar demi UN yang akan datang. Semoga di tahun ini, presentase ketidaklulusan UN semakin menurun dan kalau bisa 0%!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s