Pengalaman Go-Provinsi

Alhamdulillah, pengumuman hari Sabtu, 12 Mei 2012 kemarin buatku berteriak riang. Aku terpilih sebagai delegasi Kabupaten Malang dalam lomba Olimpiade Sains, Bahasa dan Agama yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Jawa Timur yang bekerjasama dengan Universitas Airlangga. Aku mengambil mata pelajaran matematika di lomba ini. Kami menginap di sebuah Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Asrama yang berjumlah 7 komplek ini sangatlah luas. Kami harus berjalan hampir 1 km untuk riwa-riwi dari masjid ke kamarku yang terletak di komplek F, terjauh dan terjelek. Maklum, kami semua yang mengikuti lomba, Fikri, Naufal, Dita, dan Limah nggak bondo uang sama sekali. Gratis. Semuanya sudah tersedia. Tapi, meskipun komplek F terjelek, kami tetap merasa nyaman. Kalau di komplek F aja udah tersedia AC dan kasur empuk, gimana yang komplek A? Mungkin kamarnya udah kayak Hotel Bintang 10.

Pelaksanaan lomba dilaksanakan pada hari Rabu pagi, jam 8. Kami bersiap-siap memakai jas pink ala Masanega. Bagi anak laki-laki, kami menyebutnya “Pinky Boy”, karena semua bagian seragam, baik itu baju, celana, dasi, dan jas berwarna pink. Untuk mapel matematika, kami berkumpul di Hall A. Aku mendapat nomor urut 20 pada saat itu. Aku terus berkomat-kamit membaca sholawat kepada Rasulullah. Aku sudah memaksimalkan usahaku, bahkan aku rela tidur tengah malam hanya untuk belajar mulai habis Isya’ sampai jam 12. Setelah pembagian soal yang berjalan selama 15 menit, kami pun membuka soalnya bersama-sama. Mulai dari nomor 1 sampai 10 lancar, tapi aku mulai agak mual dengan angka. Aku baca soalnya berulang kali, tapi aku tak tahu rumus apa yang harus kugunakan pada soal tersebut. Akhirnya kulewati sampai akhirnya di nomor 40 dan seterusnya. “Waktu tinggal 10 menit lagi!” Oh tidak, aku tergopoh. 30 soal kulewati begitu saja. Ya Allah, aku harus bagaimana. Apa bisa aku mengerjakan 30 soal dalam 10 menit? Ah, sudahlah. Kukerjakan seadanya saja. Karena kalau jawabannya ngawur, malah kena point -1, kalau dikosongi dapat 0.

Pengumuman yang ditunggu-tunggu pun telah datang. Ku mulai berdebar-debar. “Untuk yang maju ke Final, akan diambil 10 besar dari 114 siswa. yang pertama, anak bernomor peserta 10….” “….dan akhirnya, yang terakhir adalah, anak bernomor peserta 98,” Darahku berhenti mengalir sejenak. Aku tidak mendengar 20 sama sekali. Usahaku selama 4 hari belakangan ini belum berhasil. Allah belum mengabulkan permintaanku. Sungguh kecewa diriku. Aku tak berhasil masuk Final. Teman-teman lain yang masuk Final adalah Fikri yamg memegang mapel IPS dan Dita yang memegang mapel Bahasa Inggris. Hatiku menangis, aku pun berlari ke kamar dan menengkurapkan diriku di kasur bertingkat. Aku berusaha tidur tapi tak bisa. Aku gelisah, mengapa aku tak masuk Final? Apa kesalahanku? Aku coba baca-baca soal tadi. Ternyata, banyak soal yang belum kukerjakan tadi ternyata ketemu rumusnya. Lagi-lagi, aku kurang cermat. Aku terlalu tegang dan terlalu berambisius untuk menang. Ya Allah, getun aku pokoke.

Setelah pelaksanaan Final, kami pun bersiap-siap untuk kembali ke tanah Malang. Penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan setelah sholat maghrib. Kami, rombongan Masanega dan teman-teman dari Kabupaten Malang lainnya antusias sekali menunggu pengumuman tersebut. Saat dibacakan, Fikri, benar-benar tidak menyangka. Ialah Homo Wajakensis yang merebut trofi Juara 1 IPS. Ia benar-benar bersyukur atas malam yang penuh anugerah itu. Aku pun ikut senang. Kekecewaanku siang tadi menguap dan hilang tertiup angin. Kami merasakan kesenangan bersama. Untuk Dita, ia sama nasibnya denganku, Limah, dan Naufal. Ia belum beruntung malam itu. Sebelum kami pulang, kami berpose di depan kamera bersama Pak Kepala Sekolah, Pak Sam. Kami pun pulang membawa nama baik Masanega dan Kabupaten Malang. Membawa nama baik Masanega sungguh ringan, tapi membawa tas kami masing-masing, beratnya minta ampun. Sedikit Joke.

One Comment Add yours

  1. Selamat ya, semoga bisa menjadi semakin baik lagi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s