Ngetik 10 Jari

Bagi yang ingin jadi programmer, harus bisa yang satu ini. Karena programmer pasti berhubungan dengan mengetik suatu kode atau lainnya. Mengetiknya harus pakai teknik, yaitu teknik 10 jari. Kalau ingin belajar teknik 10 jari, langkah pertama adalah tata niat dan kesabaran kalian. Karena mungkin nanti pada saat belajar mengetik 10 jari butuh ketelitian dan ketekunan tentunya kesabaran. Dan setelah saya teliti, kebanyakan teman-teman saya yang belajar mengetik 10 jari kesulitan di jari kelingking. Kalau tidak kulino, bisa keplicuk terus nanti.

Saya akan memberikan sedikit ulasan tentang bagaimana belajar mengetik 10 jari untuk pemula. Yang pertama adalah pasang posisi. Letakkan jari kelingking tangan kiri anda di huruf A, jari manis tangan kiri di huruf S, jari tengah tangan kiri huruf D, jari telunjuk tangan kiri huruf F, jari telunjuk tangan kanan J, jari tengah tangan kanan huruf K, jari manis tangan kanan huruf L, jari kelingking tangan kanan simbol ;, dan jempol untuk spasi.

Untuk latihan pertama, kalian coba latihan mengetik tulisan di bawah ini dengan posisi-posisi tersebut.

asfd sdfa jkl; lkjl fdsa dsfa j;lk jkl ;jkl asds fdsd jkkl assd fdk jfsj lasd jkls fdsl jksa l;jd fsa;j dafd sakl jlaj kald

Setelah lancar, yang selanjutnya adalah mengetik huruf Q, W, E, R, U, I, O, P. Yaitu dengan menggunakan jari kelingking tangan kiri pada huruf Q, jari manis tangan kiri untuk W, jari tengah tangan kiri untuk E, jari telunjuk tangan kiri untuk R, jari telunjuk tangan kanan untuk U, jari tengah tangan kanan untuk I, jari manis tangan kanan untuk O, jari kelingking tangan kanan untuk P.

Latihannya adalah sebagai berikut.

Aqaq swsw dede frfr juju kiki lolo ;p;p qaaq wssw edde rffr ujju ikki ollo p;;p aaqq swww edde rrrf ujjju ikkik oll;p;

Setelah mengetik diatas, yang selanjutnya adalah mengetik huruf T, Y, G, H, dengan menggunakan jari telunjuk tangan kiri untuk huruf T dan G, dan telunjuk tangan kanan untuk Y dan H.

Latihannya adalah sebagai berikut.

Yhju rtgf ghty ftyj ghur ftrg huyj ythg ufg gjht yght hyfj hjrhg hfyj ghtj ghyf hgjt hgyj hgjf yhgjt

Setelah mengetik tulisan diatas, selanjutnya adalah mengetik huruf Z, X, C, V, B, N, M, ,(koma), .(titik), dengan menggunakan jari kelingking tangan kiri untuk Z, jari manis tangan kiri untuk X, jari tengah tangan kiri untuk C, jari telunjuk tangan kiri untuk B, jari telunjuk tangan kanan untuk N dan M, jari tengah tangan kanan untuk ,(koma), dan jari manis untuk .(titik).

Latihannya adalah sebagai berikut.

Zaza xsxs cdcd vfvf bfgh nhjk mjkl ,jnv sxdc zavf jnkmc d,l,x j.km jnfv dckm sxza jnmk dcvf azxs l,.;

Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat bagi sang pengguna computer, karena dengan mengetik 10 jari, kita mungkin akan lebih cepat mengetik suatu tulisan daripada 11 jari (maksudnya telunjuk dan telunjuk). Sebenarnya ada sebuah software yang membantu kita untuk belajar mengetik 10 jari, yang bernama TypingMaster, tetapi mohon maaf saya belum bias menyediakannya sekarang. Kalau ingin mengunjungi official websitenya, berikut : http://www.typingmaster.com/

PROMOSI

Typing Test

Kunjungi Tes Mengetik dan coba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s