Membuat Game dari PowerPoint

Bagi kalian, gamer sejati, saya sarankan untuk baca yang satu ini. Kenapa? Disini kita akan belajar bersama untuk membuat game. Kalau biasanya kalian hanya bermain game, kali ini kita akan membuatnya. Tapi gamenya dimulai dari yang sederhana dulu. Sederhana, tapi seru juga lho! Kalau ingin melihat game-game hasil karyaku, silahkan kunjungi blog kedua saya, http://popodia.blogspot.com. Game-gamenya bias didownload di link yang sudah tersedia.

Nah, Tahap Pertama bagi kalian “Beginner Game Maker”, adalah menciptakan ide. Apa tema yang akan kalian buat di game tersebut? Apa sketsa gamenya? Dan, yang terpenting adalah software apa yang akan kita gunakan untuk menciptakan sebuah game?

Sebagai pemula, kita memakai software yang lumayan mudah dan sederhana untuk membuat game. Yaitu, Microsoft Office PowerPoint. Sebenarnya, saya ingin memakai Macromedia Flash, berhubung terlalu sulit materinya, maka saya memakai software yang sederhana saja. Maklum, saya belajarnya autodidak.

Langsung saja, kita mulai Tahap Kedua!

Di Tahap Kedua ini akan saya bagi menjadi beberapa tahap, diantaranya:

  1. Baca Basmalah sebelum membuka Microsoft Office PowerPoint, boleh 2007 atau 2010.
  2. Setelah dibuka, siapkan 4 Slide of Presentation. Slidenya adalah 3 jenis Blank dan 1 jenis Title Only sebagai Slide pertama.
  3. Untuk Slide pertama, ketik di judul dengan “Game”. Lalu buatlah sebuah kotak, caranya bula Tab Insert-Group Illustrations-Shapes-Rectangle. Ketik di kotak tersebut dengan “Play”. Letakkan di pojok kanan bawah Slide.

Nanti jadinya akan seperti ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Untuk Slide kedua, buatlah sebuah kotak.
  2. Besarkan ukuran kotak yang sudah anda buat tadi sebesar Slidenya.
  3. Copy kotak “Play” yang ada di Slide pertama, lalu gantilah nama kotak tadi dengan “Start”. Usahakan peletakannya sama dengan kotak “Play” yang ada di Slide pertama tadi.
  4. Buatlah rute jalan sesuka anda dengan membuat beberapa kotak lagi.
  5. Buatlah sebuah kotak lagi, lalu ketik “Finish”.
  6. Setelah membuat semua tadi, desain kotak-kotak tadi sesuka anda.
  7. Nanti, jadinya adalah seperti ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini untuk slide kedua, untuk slide ketiga adalah sebagai berikut:

  1. Copy kotak “Start” yang ada di Slide pertama ke Slide kedua. Jangan ubah posisi kotak tersebut. Usahakan kotak yang sudah dicopy posisinya sama dengan posisi kotak “Start” di Slide pertama.
  2. Ganti nama dari kotak yang sudah dicopy tadi dengan “Back”.
  3. Buatlah sebuah Text Box. Beri nama “Try Again” dan letakkan di tengah-tengah Slide tadi.

Nanti, jadinya akan seperti ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lalu, lanjut ke Slide keempat.

  1. Buatlah sebuah Text Box dengan diberi nama “Congratulation!”. Letakkan di tengah Slide.
  2. Buat sebuah kotak dan ketik di kotak tersebut dengan “Back to Menu”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah kita membuat sketsa gamenya, lanjut ke Tahap Ketiga, yaitu memberi Hyperlink pada setiap Slide. Hyperlink adalah sebuah acuan dalam dokumen Hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Langsung kita mulai! :

  1. Pasang Hyperlink pada kotak yang bernamakan “Play” yang ada di Slide pertama, dengan cara klik Insert-Links-Action-Mouse Click-Next Slide.
  2. Pasang sebuah Hyperlink pada kotak besar yang ada di slide kedua. Dengan cara klik Insert-Links-Action. Klik Mouse Over, lalu klik  Hyperlink to, pilih Next Slide.
  3. Pilih kotak “Finish”. Beri Hyperlink dengan cara klik Insert-Links-Action-Mouse Over-Hyperlink to-Slide…-Slide 4.
  4. Setelah itu lanjut ke Slide ketiga. Pilih kotak “Back”. Beri Hyperlink dengan cara klik Insert-Links-Action-Mouse Over-Hyperlink to-Previous Slide.
  5. Untuk Slide keempat, beri Hyperlink pada kotak “Back to Menu”. Caranya, klik Insert-Links-Action-Mouse Click-Hyperlink to-First Slide.

Akhirnya, Tahap Terakhir, yaitu mensetting Presentation menjadi Anticlick Presentation. Agar saat kita memainkan gamenya, bila diclick Slidenya tidak lanjut ke Slide selanjutnya. Dengan cara, Tab Slide Show-Set Up-Set Up Slide Show-Browsed at kiosk (full screen).

Finish! Sudah selesai game yang telah kita buat kali ini. Silahkan mencoba!

Itulah sedikit ulasan tentang Membuat Game dari PowerPoint. Ini masih sedikit lho, bagaimana banyaknya? Insya Allah tahap-tahap selanjutnya akan saya sampaikan di Edisi berikutnya, karena untuk membuat game itu butuh ratusan tahap. Terlalu banyak jika saya menyampaikannya sekarang juga. Kalau ingin kirim pertanyaan atau ingin berbagi bersama, silahkan kunjungi blog saya http://popodia.blogspot.com. Semoga ilmu ini bias bermanfaat bagi kalian semua.

About these ads

17 thoughts on “Membuat Game dari PowerPoint

  1. Ass Wr Wb…kak…dah q coba trus njalanin pake apa?q masih bingung nih kak yg hyperlink,dah dihiperlink antara slide 1 2 3 4 dengan minta bantuan mama….mohon bantuanya ya kak…maklum newbie bngtz…bru sd klas 3 and baru juga kenal power point yg kupakai 2007,makasie ya kak…sukses slalu

    • Wa’alaikum salam, dik :) ,.
      makasih udah mengunjungi blog-q,.
      maaf, saya belum faham dgn pertanyaan adik, maksud dari menjalankan pakai apa itu mungkin memulai permainannya, begitu?

  2. untuk FayIme Putrinya MimiDiana munkin mainnya pakai mouse , na kalau hyperlink tu makai pergi ke slide yg di tentukan , kalau mau jelas tanyak sama kang alfangantengz

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s